Vladimir Petkovic Pengganti Ottmar Hitzfeld

Vladimir Petkovic Pengganti Ottmar Hitzfeld

Vladimir Petkovic Pengganti Ottmar Hitzfeld – Kepastian masa depan Vladimir Petkovic untuk hijrah dari Lazio terjawab sudah. Tim nasional Swiss menunjuk Petkovic untuk menggantikan peran kepelatihan dari Ottmar Hitzfeld, yang sudah memilih untuk mundur dari tampuk jabatannya selepas perhelatan Piala Dunia 2014 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Asosiasi Sepakbola Swiss, bahwa Petkovic resmi menukangi tim nasional per 1 Juli.

Pelatih berkebangsaan Bosnia, yang saat ini masih menangani Lazio dan dalam proses pemecatan, pindah ke Swiss sebagai pemain saat masih berusia 24 tahun dan sejak itu ia sukses menjadi pelatih dengan menangani enam tim berbeda sebelum menyebrang ke Italia pada musim panas lalu.

Keputusan Swiss untuk menunjuk Petkovic tidak terlepas karena keputusan Ottmar Hitzfeld, yang sudah lelah untuk berkarya sebagai pelatih dan mengambil waktu yang paling tepat untuk menutup karir selepas Piala Dunia 2014.

“Saya sangat bangga. Karena telah mendapatkan kehormatan khusus untuk menangani tim nasional Swiss dan telah dipercayakan oleh Asosiasi Sepakbola Swiss per 1 Juli,” bangga Petkovic, melalui penuturan situs resmi asosiasi.

“Saya juga sangat bangga dapat menangani salah satu tim kedua.. tidak.. lebih tepatnya ingin saya katakan yang pertama sebagai tempat tinggal saya.

“Saya sudah menghabiskan karir selama 27 dari 50 tahun di Swiss dengan menjalani kehidupan, tentu sudah cukup bagi saya untuk mengatakan seperti pulang ke rumah sendiri.”

Pengumuman di awal pekan itu kemungkinan bisa mengakhiri masa jabatan Petkovic dengan singkat atau hanya sampai paruh musim saja di Lazio, setelah pelatih Claudio Lotito mulai mencanangkan beberapa kandidat untuk menggantikannya.

Meski tekad dan ambisi Petkovic ingin menghormati kontraknya untuk tetap menangani hingga musim panas mendatang, namun sepertinya hal tersebut tidak mungkin, mengingat persepakbolaan Italia sangat tajam mengenai hal-hal seperti ini, meski mereka tentu akan beralasan faktor prestasi menukik drastis yang menjadi keputusan pemecatan Petkovic.

Pelath berusia 50 tahun itu akan meneruskan tongkat kesuksesan Hitzfeld selepas perhelatan musim panas mendatang, namun ia mengakui kalau dirinya sangat tertantang untuk meraih kesuksesan di ajang internasional.

“Saya akan meyakinkan bahwa Ottmar dan pemai-pemainnya bisa menghadapi Piala Dunia 2014 dengan hasil baik dan fokus untuk mencari sebuah hasil yang sempurna,” tambahnya.

“Saya ingin berkonsentrasi dengan pekerjaan saya saat ini dan kemudian pada 1 Juli 2014, saya baru akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan Swiss.

“Kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menjalani tugas perdana kami berikutnya, dengan menjalani laga kualifikasi EURO 2016.

“Saya sangat yakin bahwa kami akan terbiasa dengan kesuksesan dan akan melalui babak kualifikasi dengan baik dan mencapai putaran final di Prancis.”

Sebelumnya Petkovic pernah menangani beberapa tim termasuk Malcantone, Lugano, Young Boys, Bellinzona dan Sion, selama berkiprah di Swiss dan ia juga sempat menangani tim Turki, Samsunspor dan membantu Lazio untuk mengalahkan rival satu kota, AS Roma di partai final Coppa Italia musim lalu.