Vincente Del Bosque Siap Menantang Di Grup B

Vincente Del Bosque Siap Menantang Di Grup B

Vincente Del Bosque Siap Menantang Di Grup B – Pelatih Vicente del Bosque mengungkapkan ambisinya untuk terus melangkah bersama tim nasional Spanyol. Pada kejuaraan Piala Dunia 2014 mendatang, mereka tergabung di Grup B bersama Belanda, Cili dan Australia.

Ini merupakan salah satu undian yang terberat yang dijalani oleh Spanyol, di mana mereka sudah mengenal kekuatan masing-masing kontestan, namun tidak bagi Australia, yang kemungkinan menjadi sasaran tembak dari ketiga tim tersebut.

Berbicara dengan jurnalis dari Spanyol di Costa de Saulpe menjelang pengundian, Del Bosque menegaskan bahwa penyesuaian diri mungkin jauh lebih sulit bagi tim nasional Spanyol terhadap situasi cuaca dan kelembaban udara, sama halnya yang dikeluhkan oleh negara-negara Eropa lainnya.

“Meski demikian, kami tidak akan mencari alasan atau pembodohan yang bisa menjadi latar belakang kegagalan kami nantinya. Tidak ada alasan sama sekali. Fase grup ini sungguh luar biasa, dan tidak ada hal istimewa. Kami memang tidak dapat memilih tim mana yang harus kami hadapi dan hindari, tetapi semua akan kami hadapi satu per satu.”

Mempertahankan gelar juara tentu jauh lebih sulit dibandingkan ketika mereka pertama kali meraihnya pada Piala Dunia 2010 lalu di Afrika Selatan.

Salah satu pusat perhatian dari Del Bosque adalah jadwal pertandingan kick-off agar mempertajam kondisi kebugaan dari pemain-pemain Spanyol nantinya, dan mungkin hal ini juga tidak akan mudah diterima oleh pemain-pemain yang telah masuk dalam rencana pada ajang empat tahunan mendatang.

“Kami harus mempersiapkan diri sebagai sang juara bertahan dalam segala kemungkinan, setelah intensitas persaingan dari sejumlah kompetisi di Spanyol, Inggris, Jerman dan juga klub Italia,” lanjut Del Bosque.

“Kami semua memiliki pemain-pemain yang ada di klub-klub negara tersebut, dan tentu saja kami berharap beberapa diantaranya tampil di laga pamungkas Liga Champions, sebuah pertandingan terakhir dari kalender liga Eropa, sebelum Piala Dunia.

“Ini merupakan musim yang sangat panjang. Kami harus tiba di sana pada Juni mendatang, dan kemudian sesegara mungkin beradapasi dengan cuaca, iklim dan kelembaban udara.”

Dan apabila kasusnya benar demikian dan menjadi kendala dari faktor iklim, tentu akan menjadi suatu modal penting bagi Del Bosque bila tetap mencantumkan nama penyerang andalan Atletico Madrid, Diego Costa.

Dalam beberapa kesempatan akhir, nama Costa sudah dicantumkan ke dalam skuad Spanyol, tetapi pada laga persahabatan terakhir, ia tidak dapat tampil karena sedang mengalami cedera, sehingga debutnya kembali tertunda.

Pelatih Spanyol juga menyambut gembira keputusan dari presiden FIFA Sepp Blatter, yang mengizinkan waktu rehat sejenak pada pertandingan nanti, untuk waktu minum, dan hal ini akan ditentukan oleh wasit dan dokter di tempt FIFA jika dianggap hal tersebut dibutuhkan.

“Ini sungguh masuk akal,” puji Del Bosque. “Pengalaman kami selama Piala Konfederasi lalu sudah jelas, dan saya tidak menganggap hal ini bakal mempengaruhi intensitas pertandingan hanya untuk rehat minum sejenak.”

Dan keputusan FIFA konon diambil berdasarkan permintaan dari sejumlah publik yang belakangan ini diusulkan oleh pelatih tim nasional Italia, Cesare Prandelli.