Prediksi Piala Dunia Mustapha Yatabare Siap Bersaing Jadi Top Skor Liga Prancis

Prediksi Piala Dunia Mustapha Yatabare Siap Bersaing Jadi Top Skor Liga Prancis – EA Guingamp memang bukanlah tim unggulan di Ligue 1 Liga Prancis. Klub tersebut hanyalah tim promosi dari Ligue 2 pada musim 2013/2014 ini. Namun, bukan berarti mereka tidak punya keistimewaan. Sosok penyerang bernama Mustapha Yatabare menjadi salah satu yang bisa memikat perhatian banyak orang terhadap EA Guingamp.

Pemain kelahiran Prancis berkewarganegaraan Mali itu membuktikan bahwa dirinya patut untuk diwaspadai oleh para bek lawan. Hingga saat ini, Yatabare ikut bersaing di puncak daftar sementara pencetak gol terbanyak Ligue 1 dengan torehan tiga gol, hanya kalah dari penyerang AS Monaco Emmanuel Riviere yang telah mencetak tiga gol dan striker Lyon Alexandre Lacazette yang sudah membukukan empat gol.

Hebatnya, dua dari tiga gol yang dicetak Yatabare itu juga memberikan kemenangan satu-satunya bagi EA Guingamp di empat pertandingan awal Ligue 1 musim ini. Selain itu, kemenangan tersebut sekaligus juga menjadi kemenangan pertama bagi klub yang berdiri tahun 1912 itu di Ligue 1 sejak bulan April 2004, ketika mereka terakhir kali berlaga di level tertinggi kompetisi sepakbola Prancis tersebut.

Kemenangan itu didapatkan ketika EA Guingamp memenangkan pertandingan bertajuk “Derby Breton”, melawan FC Lorient dengan skor 2-0, saat bermain di markas mereka, Stade du Roudourou, Guingamp, pada pekan ketiga Ligue 1, Minggu (25/08/2013) lalu. Yatabare mencetak kedua gol tersebut dengan penampilan yang efektif dan efisien, serta terlihat begitu elegan selama 90 menit pertandingan.

Pemain berusia 27 tahun itu pertama kali memberikan keunggulan bagi EA Guingamp pada menit ke-16. Ia berhasil menuntaskan bola crossing dari Reynald Lemaitre dengan sempurna, dan menaklukkan kiper tim tamu, Baptiste Reynet. Kemudian, gol kedua juga berawal dari sebuah umpan silang, yang kali ini dilepaskan Claudio Beauvue. Yatabare melanjutkannya dengan sebuah sontekan maksimal pada menit ke-48.

Meski bermain tidak terlalu ngotot, namun Yatabare sukses menunjukkan penampilan maksimal berkat penempatan posisi yang tepat, sehingga ia bisa dengan nyaman mencetak kedua gol tersebut. Sepanjang 90 menit, ia hanya dua kali saja melepaskan tembakan ke arah gawang lawan, dan kedua-duanya itulah yang membuahkan gol. Selain itu, ia juga melepaskan umpan sebanyak 17 kali, dengan tingkat keakuratan mencapai 82 persen.

Sedangkan, satu gol lagi disarangkan Yatabare ke gawang Olympique Marseille yang dijaga kiper cadangan tim nasional Prancis, Steve Mandanda. Meski kalah 1-3 dalam pertandingan pekan pertama Ligue 1, Senin (12/08/2013) itu, tapi pemain bernomor punggung 9 itu sudah bisa membayar kepercayaan pelatih Jocelyn Gourvennec dan manajemen EA Guingamp yang telah memberinya perpanjangan kontrak hingga tahun 2015.

Jika terus bisa bermain konsisten hingga akhir musim, bisa jadi Yatabare akan ikut dalam persaingan mengejar gelar top skor Ligue 1 musim ini, bersama striker dunia lainnya, seperti Radamel Falcao (AS Monaco) dan Zlatan Ibrahimovic (Paris Saint-Germain). Apalagi, ia punya modal sebagai top skor Ligue 2 musim lalu dengan catatan 23 gol. Selain itu, sebelumnya Yatabare juga sudah pernah merasakan atmosfir Ligue 1 bersama US Boulogne pada musim 2009/2010.