Kuyt Memberi Isyarat Akan Pensiun dari Timnas Setelah Piala Dunia 2014

Kuyt Memberi Isyarat Akan Pensiun dari Timnas Setelah Piala Dunia 2014Kuyt Memberi Isyarat Akan Pensiun dari Timnas Setelah Piala Dunia 2014 – Turnamen internasional Piala Dunia 2014 akan menjadi turnamen terakhir Dirk Kuyt bersama timnas Belanda yang merupakan negara kelahirannya. Pemain berusia 33 tahun itu mempertimbangkan untuk pensiun dari timnas setelah ajang empat tahunan itu.

Pemain yang pernah membela Liverpool itu sudah sedekade berseragam timnas Belanda sejak debutnya tahun 2004 ketika melawan Liechtenstein di babak penyisihan Piala Eropa. Saat itu Marco van Basten adalah orang yang pertama kali memanggil dirinya untuk memperkuat timnas.

Kuyt kemudian jadi langganan penghuni tetap skuat Belanda meski ia harus rela mengalami perubahan posisi dalam menjalani pertandingan, dari striker hingga menjadi ke gelandang. Total ia sudah mengumpulkan 98 caps dan 24 gol selama memperkuat timnas.

Sekarang di bawah asuhan Louis van Gaal yang menjadi pelatih, nasib kurang baik dialami Kuyt di mana ia tak lagi jadi pilihan utama meski berstatus wakil kapten.

Jika melihat kondisi seperti ini dtambah makin banyaknya pemain muda Belanda yang sedang menunjukkan performa yang baik dalam menjalani pertandingan bersama klub yang dibelanya, maka wajar saja jika Kuyt mulai berpikir untuk pensiun dari timnas dan Piala Dunia di Brasil musim panas nanti sepertinya jadi turnamen terakhir yang akan ia jalani.

“Bermain di Piala Dunia dan tampil di Piala Dunia terakhirku di Brasil adalah sesuatu yang sangat spesial untuk karier sepakbolaku bersama timnas. Aku pikir ini akan jadi turnamen yang sangat menarik dan Brasil jelas jadi favorit juara dalam turnamen tersebut.”

“Anda tentunya ingin berada di sana bersama para pemain terbaik yang ada dan negara terbaik di dunia saat ini. Mudah-mudahan kami bisa meraih hasil serupa seperti di 2010 yang lalu dengan mencapai puncak.”

“Sebuah kehormatan bagi negaraku untuk bisa bermain di sana nanti. Aku tidak akan pernah mengatakan akan pensiun dari timnas tapi aku mencoba realistis saja bahwa ini akan jadi turnamen terakhirku bersama timnas yang sudah lama aku bela, karena aku akan berumur 34 tahun dan mungkin ini saat yang tepat untuk pemain lain menggantikan tempatku di timnas dalam menjalani pertandingan berikutnya.”

“Jika aku harus melihat karierku yang lalu-lalu bersama Belanda, aku akan sangat bahagia bisa mengingatnya, khususnya jika kami bisa meraih sukses di Brasil nanti. Aku akan siap kapanpun jika pelatih atau negara membutuhkanku dalam menjalani pertandingan, tapi kemungkinan ini akan jadi Piala Dunia terakhirku untuk Belanda.”

Kuyt sendiri sebelum menyatakan akan pensiun dari timnas, selalu menjadi pilihan utama dari sang pelatih dalam menjalani pertandingan. Namun, dengan bertambahnya usia dan semakin banyak pemain yang memiliki kualitas yang baik. Dia pun harus rela kalah bersaing dalam memperebutkan posisinya di timnas.