Howard Webb Wasit Terbaik Dunia 2013

Howard Webb Wasit Terbaik Dunia 2013 – Wasit yang bisa dibilang sebagai wasit senior di Liga Utama Inggris yakni Howard Webb telah dinobatkan sebagai Wasit Terbaik Dunia tahun 2013. Penobatan ini dilakukan oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS).  Ini merupakan penghargaan yang kedua diperoleh Webb di usianya yang ke 42 tahun mendapatkan penghargaan sebagai pengadil yang paling baik di dunia setelah pada tahun 2010 lalu ia didaulat dalam penghargaan yang sama.

Beberapa waktu lalu, David Moyes selaku bos Manchester United menyalahkannya karena tidak memberikan penalty kepada tim The Red Devils. Moyes gusar sebab Howard Webb tidak memberikan penalty ketika Young tampak telah dijegal oleh kiper Tottenham Hotspur Hugo Lloris. Moyes pun sempat mempertanyakan kredibilitas Webb sebagai seorang wasit yang professional di Liga Inggris.

Moyes berkata yang dikutip oleh The Age:

“Pelanggaran yang sangat kasar, dan telah terjadi di kotak penalty. Saya tidak tahu lagi harus berkata apa. Jika hal ini terjadi pada pemain yang lain, saat mengangkat kaki dengan terlalu tinggi, maka itu adalah penalty. Young telah mendapatkan bola dan ia mencoba untuk terus berlari. Ini merupakan keputusan paling buruk yang saya lihat. Saya berharap bahwa penugasan sebagai wasit dapat menempatkan seorang wasit yang dapat bekerja dengan baik. Namun mereka tetap saja menggunakan jasa wasit tersebut bukan?.”

Terlepas dari protes Moyes, Webb telah menjadi seorang wasit internasional pada tahun 2005 dan telah menempati peringkat nomor dua di tahun 2011. Dia juga telah dua kali ditempatkan pada posisi tiga besar pada tahun 2009 dan 2012. Webb juga dikenal sebagai wasit paling muda yang telah memulai karier di Liga Premier pada tahun 2003 yang lalu. Keberhasilan Webb dengan memperoleh penghargaan sebagai yang terbaik pada tahun 2013 ini merupakan bentuk keberhasilan yang telah dilakukan Webb sebagai wasit top di dunia dalam kurun waktu selama lima tahun terakhir ini.

Pemilihan wasit terbaik dari versi IFFHS ini adalah berdasarkan suara dari sejumlah pengamat sepak bola dari 70 negara di dunia dan editor. Dari 10 wasit terbaik yang ada dalam daftar, Italia menjadi Negara yang telah menempatkan dua wasitnya dalam 10 wasit terbaik yakni Nicola Rizzoli di posisi kedua dan Rocchi di posisi kesepuluh.

Berikut daftar 10 wasit terbaik di dunia pada tahun 2013 (versi IFFHS)

  1. Howard Webb (Inggris, dengan 102 poin)
  2. Nicola Rizzoli (Italia, dengan 82 poin)
  3. Viktor Kassai (hungaria, dengan 53 poin)
  4. Felix Brych (Jerman, dengan 42 poin)
  5. Cuneyt Cakir (Turki, dengan 40 poin)
  6. Bjorn Kuipers (Belanda, dengan 38 poin)
  7. Pedro Proenca (Portugal, dengan 35 poin)
  8. Ravshan Irmatov (Uzbekistan, dengan 29 poin)
  9. Carlos Velasco Carballo (Spanyol, dengan 22 poin)
  10. Gianluca Rocchi (Italia, dengan 17 poin)