Fakta Dibalik Kemenangan Barcelona

Fakta Dibalik Kemenangan Barcelona – Barcelona mampu memenangkan pertandingan perempat final Liga Champions di musim ini setelah mengalahkan tim tuan rumah Manchester City dengan dua gol tanpa balas. Gol di leg pertama dalam fase 16 besar ini masing-masing disumbangkan oleh Lionel Messi beserta Dani Alves. Berkat kedua gol tersebut, Blaugrana mampu membawa modal yang positif untuk menjalani leg kedua. Beberapa catatan menarik telah muncul dari kemenangan Barcelona di Etihad Stadium :

Rekor Messi

Dengan satu gol yang ditambahkan Messi pada laga Barca vs City, Lionel Messi saat ini telah membekukan 66 gol di Liga Champions. Hal ini sekaligus juga menyamai gol yang diperoleh Raul Gonzalez di klub yang sama. Raul juga mengemas 66 gol di Champions League ketika memperkuat Real Madrid.

Messi menyamai Shevchenko

Messi telah menyamai gol yang diperoleh Andriy Shevchenko sebagai pencetak gol paling banyak keempat di kompetisi antar klub Eropa dengan perolehan gol sebanyak 67 gol.

Gol di Liga Champions

Lionel Messi juga menjadi pemain yang pertama yang mengemas 30 gol pada fase knock-out Liga Champions. Sebelumnya, terdapat beberapa pencetak gol paling banyak pada fase knock-out ini diantaranya Cristiano Ronaldo (26 gol), Raul & Andriy Shevchenko (18 gol), Filippo Inzaghi (16 gol),Frank Lampard (15 gol), Didier Drogba & Wayne Rooney (14 gol).

Penalty pertama Messi

Pada pertandingan ini, Lionel Messi telah mencetak gol penalti pertama di ranah Inggris sepanjang kariernya di dunia sebagai pemain sepak bola professional.

Penalti terbanyak

Barcelona telah melewati catatan yang ditorehkan oleh Real Madrid sebagai klub yang telah menerima penalti paling banyak di Champions League. Sejauh ini, Blaugrana etlah dihadiahi penalti selama 36 kali. Beberapa klub yang mendapatkan hadiah penalti paling banyak di Champions League diantaranya Real Madrid (35 kali), Bayern Munich (26 kali), Arsenal (25 kali), Manchester United ( 24 kali) dan AC Milan (17 kali).

Kartu merah paling banyak

Barcelona menjadi klub yang telah memberikan kartu merah untuk lawan mereka paling banyak di sejarah Liga Champions. 25 kartu merah telah diberikan Barca untuk lawan. Seperti halnya klub-klub seperti Arsenal ( 18 kartu merah untuk lawan), Bayern Munich (17 kartu), PSV Endhoven (16 kartu), Porto dan Manchester United (13 kartu).

Catatan yang ditorehkan Xavi

Dalam pertandingan Barca vs City, Xavi telah memberikan penampilan dalam 144 laga di Liga Champions selama kariernya di sepakbola professional. Penampilan terbanyak masih dipegang oleh Ryan Giggs dengan 149 penampilan. Sedangkan pemain lain seperti Raul (144), Paolo Maldini (139), Iker Casillas (135).

Rekor Victor Valdes

Valdes menjadi pemain yang pertama yang telah bermain dalam 50 laga pada fase knock-out Champions League dengan 50 pertandingan.