Everton Merangsek Ke Zona Champions

Everton Merangsek Ke Zona Champions

Everton Merangsek Ke Zona Champions – Ross Barkley akhirnya memastikan kemenangan Everton dengan skor 2-1 atas Swansea pada hari Minggu di Libery Stadium kandang Swansea City. Anak asuh Roberto Martinez tersebut akhirnya berhasil masuk ke posisi 4 besar dan membuka kesempatan untuk masuk dan juga tampil di Liga Champions musim depan.

Tuan rumah Swansea sendiri mampu tampil menekan di awal laga melalui Wayne Routledge yang dikomandoi oleh Jonjo Shelvey. Sayang peluang tersebut gagal. Kevin Mirallas berusaha membalas ketika masuk ke kotak penalti Swansea ketika berkombinasi dengan bek Ben Davies. Namun bomber asal Belgia tersebut gagal memaksimalkan peluang yang berhasil diamankan oleh kiper Swansea Gerhard Tremmel.

Tremmel nyaris saja membuat gawang Swansea kebobolan ketika dirinya gagal menghalau bola pada menit ke 20. Bola dari tendangan bebas gagal ditangkap dengan sempurna dan bergulir langsung ke Romelu Lukaku yang untungnya tidak membuahkan gol bagi Everton.

Peluang dari Routledge yang bekerja sama dengan Wilfried Bony pada menit ke 30, tidak membuahkan apapun ketika bola melambung di atas mistar. Dan peluang ini menutup babak pertama yang berakhir tanpa gol.

Everton langsung meningkatkan tempo di interval kedua dan meraih beberapa peluang emas yang dicetak oleh Ross Barkley dan rekan. Beruntung Swansea memiliki Tremmel yang mampu tampil gemilang di bawah mistar The Swans tersebut dan membatalkan semua penampilan cantik dari pasukan The Toffees. Tremmel akhirnya harus rela kebobolan. Tim tamu Everton dengan sukses membobol gawang Swansea ketika Seamus Coleman mampu mencetak gol ke 4 dirinya dari jarak jauh. Tendangan keras Coleman gagal diantisipasi oleh Tremmel.

Namun keunggulan Everton harus sirna selang 4 menit kemudian. Dwight Tiendalli mampu memanfaatkan bola yang lepas dan melepaskan tembakan yang sebenarnya terlalu tinggi, namun bola justru membentur Bryan Oviedo dan akhirnya berbelok arah untuk mengecoh Tim Howard yang sudah salah langkah. Dan gol bunuh diri Oviedo ini menjadi gol perdana Swansea ke gawang Everton semenjak Februari 1983.

Ross Barkley menyelamatkan muka Everton ketika ia mampu mencuri poin penuh dan sukses menaklukkan Gerhard Tremmel melalui tendangan bebas. Gelandang muda asal Inggris tersebut mampu melepaskan tembakan melengkung dari jarak sekitar 18 meter yang sempat  membentur mistar dan akhirnya menggoyang jala tuan rumah. Praktis Everton masuk ke posisi 4 besar.

Skuad Swansea City :

GK : Gerhard Tremmel

DF : Chico – Ashley Williams – Dwight Tiendalli – Ben Davies

MF : Jonjo Shelvey – Pablo Hernández – Wayne Routledge – Jonathan De Guzmán

FW  : José Cañas – Wilfried Bony

Subs : Gregor Zabret – Jordi Amat – Neil Taylor – Leon Britton – Pozuelo – Roland Lamah – Álvaro

Skuad Everton :

GK : Tim Howard

DF : Phil Jagielka – Bryan Oviedo – Sylvain Distin – James McCarthy

MF : Gareth Barry – Ross Barkley – Steven Pienaar – Seamus Coleman

FW : Kevin Mirallas – Romelu Lukaku

Subs : Joel – John Heitinga – John Stones – Antolín Alcaraz – Leon Osman – Steven Naismith – Apostolos Vellios